Rabu, 12 Oktober 2011

Tips Cara Mencegah SMS Penyedot Pulsa

Banyaknya berita keluhan masyarakat terhadap layanan SMS premium berlangganan atau yang sering disebut REG yang sering mengakibatkan pulsa handphone tersedot habis.

Untuk mencegah serta menghadapi pelanggaran yang dilakukan oleh Content Provider (CP) nakal yang memanfaatkan layanan tersebut, ada baiknya anda perhatikan beberapa tips berikut:

  1. Disarankan untuk tidak menggunakan secara bersama-sama satu nomor seluler. Misalnya satu keluarga hanya memiliki sebuah HP dan digunakan secara bergantian oleh beberapa anggota keluarga. Dari fakta yang ada, banyak laporan yang masuk baik ke CP, Operator, maupun BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia), pengguna tidak pernah merasa mendaftarkan nomornya ke layanan yang bersangkutan, padahal pada kenyataannya, tampak jelas bahwa pengguna tersebut benar-benar pernah mengirimkan perintah berlangganan ke layanan tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata nomor tersebut memang nomor bersama yang digunakan oleh beberapa anggota keluarga.
  2. Apabila tidak dapat dihindari penggunaan secara bersama nomor tersebut, selalu pastikan untuk memeriksa semua pesan yang terkirim di directory SENT. Dan pastikan bahwa anda mengetahui seandainya ada perintah untuk berlangganan, dikirim ke nomor berapa pesan tadi. Pesan berlangganan diawali dengan awalan perintah REG. Catat baik-baik perintah tersebut beserta nomor tujuannya. Ini bakal memudahkan pelacakan dikemudian hari.
  3. Sebelum mulai berlangganan layanan, pastikan di setiap promosi yang disajikan oleh CP terdapat pemberitahuan yang JELAS bagaimana cara untuk berhenti berlangganan maupun nomor customer service-nya (pastikan nomor ini aktif). Jika tidak, jangan berlangganan layanan tersebut.
  4. Cari tahu dengan cermat informasi berapa lama rentang waktu pengiriman satu SMS ke SMS berikutnya. Juga ketahui pula berapa tarif per SMS-nya. Dengan informasi ini, anda dapat mengkalkulasi berapa biaya yang akan anda keluarkan per minggu, atau per bulan. Jika anda ragu, sebaiknya jangan berlangganan.
  5. Catat dengan cermat nomor short code misalnya 6789, 1234 dan sebagainya yang menjadi tujuan SMS berlangganan anda.
  6. Catat pula pesan apa yang anda ketikkan ke CP tersebut. Disarankan untuk menyimpan setiap detil SMS tersebut dalam HP anda dan jangan pernah menghapusnya sampai anda yakin bahwa anda tidak membutuhkan lagi data tersebut. Beberapa HP memiliki fasilitas penyimpanan pesan yang dikirim dalam bentuk draft, manfaatkan fasilitas ini.
  7. Ketika anda telah mendapatkan reply yang memberitahukan bahwa nomor anda telah terdaftar dalam layanan berlangganan tersebut. Pastikan lagi apakah cara berhenti berlangganan yang ditampilkan dalam promosi pihak CP dapat berjalan dengan sempurna. Umumnya untuk berhenti berlangganan, pengguna dapat mengetikkan pesan UNREG yang diikuti dengan spasi dan jenis layanan berlangganan yang telah didaftarkannya tadi.
  8. Untuk memastikan apakah anda telah benar-benar terbebas dari layanan tersebut anda perlu menunggunya dalam 1-7 hari. Hal ini terjadi karena kemungkinan pengiriman pesan SMS berlangganan tersebut tidak dilakukan setiap hari namun beberapa layanan bahkan dilakukan dalam periode mingguan.
  9. Ketika anda merasa ada sebuah pesan yang tidak diinginkan secara rutin terkirim ke HP anda pada waktu tertentu misalnya setiap hari jam 10 pagi, kemungkinan itu adalah layanan REG yang secara sadar maupun tidak pernah anda daftarkan sebelumnya. Beberapa SMS tak akan terkirim ke HP anda jika anda mematikan HP pada jam-jam tersebut. Namun cara ini tidaklah efektif dan akan mengganggu anda seumur hidup. Pastikan pula berapa pulsa anda terpotong setiap kali menerima SMS tersebut. Umumnya untuk berhenti berlangganan, pengguna dapat mengetikkan pesan UNREG yang diikuti dengan spasi dan jenis layanan berlangganan yang telah didaftarkannya
  10. Ketika sebuah SMS yang terindikasi sebagai SMS REG mampir di HP anda, dan anda tidak tahu layanan apa yang sedang dikirimkan, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencatat nomor pengirim SMS tersebut. Nomor pengirim dari CP dikenali dari jumlah digit-nya yaitu 4 digit atau 6 digit. Apabila yang anda peroleh adalah nomor 6 digit misalnya ABCDEF, maka CP yang sedang mengirimkan Pesan kepada anda adalah CP yang memiliki short code ABCD. Digit berikutnya yaitu EF sebenarnya adalah identitas tarif layanan yang didaftarkan oleh CP yang dikenali oleh mesin operator.
  11. Jika anda benar-benar tidak tahu layanan apa yang pernah anda daftarkan, ketik UNREG ke short code ABCD tadi. Perintah UNREG merupakan perintah wajib yang diinstruksikan oleh semua operator ke seluruh CP yang memiliki akses ke operator tersebut untuk menghapus nomor pengguna dari semua layanan REG yang ada di CP dengan short code ABCD tadi. Jika anda telah mendapatkan reply pemberitahuan bahwa nomor anda telah terhapus dari layanan REG tersebut, tunggulah beberapa hari untuk memastikan seperti tercantum dalam tip (8). Selain UNREG, dapat pula dicoba perintah lain misalnya STOP.
  12. Jika anda masih tidak berhasil berhenti berlangganan, anda harus melaporkan CP bersangkutan ke operator dimana anda berlangganan. Dengan data yang ada, cukup bagi customer service operator untuk membantu anda berhenti berlangganan. Selanjutnya tunggu seperti di tip (8).
  13. Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan pesan yang anda terima tidak mencantumkan nomor pengirim namun menggantinya dengan tulisan misalnya BIBLE dan sebagainya. Ketahui apakah setiap kali anda mendapat SMS tersebut, pulsa anda terpotong dalam nominal tertentu. Teknologi ini dinamakan Sender ID masking . Jika ini yang terjadi, maka anda akan kecewa ketika meminta bantuan ke customer service operator. Laporkan kejadian ini ke BRTI dan operator karena untuk mendapatkan data siapa pengirimnya memerlukan investigasi lebih lanjut dan pelanggaran ini masuk dalam kategori serius. Teknologi ini sebenarnya sering dimanfaatkan oleh untuk promosi melalui SMS. Biasanya CP yang membayar Bulk SMS dan mengirimkannya ke nomor-nomor pelanggan yang dimiliki CP tersebut. Meskipun Bulk SMS ini tidak mengurangi nilai pulsa anda, namun dapat dikategorikan dalam spam sms, dan jika anda merasa dirugikan anda dapat melaporkannya pula ke operator atau ke BRTI

Minggu, 02 Oktober 2011

TRANSFER PULSA DARI AXIS

Bagi anda pengguna kartu Axis, apakah anda mengetahui cara melakukan transfer pulsa ke nomer kartu Axis lainnya ? Jika anda belum tahu, mungkin saya bisa membantu memberikan sedikit informasi mengenai cara melakukan transfer pulsa dari Axis, siapa tahu informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Transfer pulsa sangat berguna jika kita kehabisan pulsa serta kita jauh dari penjual pulsa maka kita bisa meminta tolong ke teman atau kerabat yang ada di dekat kita untuk mengirimkan sebagian pulsanya ke nomer kita, sehingga kita bisa berkomunikasi lagi terutama saat situasi yang penting . Saya yakin ada diantara anda yang pernah kehabisan pulsa atau pernah dimintai oleh kerabat atau teman untuk melakukan transfer pulsa ke nomer selulernya. Jika anda pengguna kartu Axis maka anda tidak perlu risau karena Axis juga mempunyai layanan transfer pulsa seperti halnya operator telekomunikasi lainnya.
Kelebihan transfer pulsa dari Axis, yaitu
1. Pengiriman pulsa tidak dikenai biaya apapun juga
2. Penerima pulsa mendapat tambahan masa aktif.
Jumlah Pulsa Axis (Rp)
Masa Aktif Pulsa Axis Yang Ditransfer
5.000 – 9.000
5 hari
10.000 – 19.000
10 hari
20.000 – 49.000
15 hari
50.000 – 99.000
25 hari
100.000
30 hari
Cara untuk melakukan transfer pulsa ke nomer Axis lainnya, yaitu
Ketik : *886*jumlah pulsa*nomor axis yang dituju#
Contoh : *886*5000*0838123456#
Persyaratan dalam menggunakan layanan transfer pulsa dari Axis, yaitu
1. Nomor Axis pengirim harus berada dalam masa aktif dengan saldo minimal Rp 5.000 setelah melakukan transfer pulsa ke sesama Axis
2. Jumlah pulsa minimum yang dapat ditransfer adalah Rp 5 ribu dan maksimum Rp 100 ribu (dengan kelipatan Rp 1.000)
3. Dalam satu hari pengirim dapat melakukan transfer pulsa hingga 200 ribu

Transfer Pulsa atau Bagi Pulsa XL

Transfer pulsa sangat membantu kita yang lagi kehabisan pulsa. Xl memberikan kemudahan layanan transfer pulsa XL bagi para pelanggannya dengan layanan yang disebut dengan Bagi Pulsa. Layanan ini merupakan layanan kirim atau transfer pulsa dari satu nomor prabayar ke nomor prabayar lainnya. Layanan ini ditujukan bagi pengguna kartu prabayar XL yang mengharapkan kemudahan dalam mendapatkan pulsa agar dapat berkomunikasi kembali. Bagi pulsa tersedia dengan 2 nominal yaitu Rp 1,500 (masa aktif 1 hari) dan Rp 3,000 (masa aktif 3 hari). Pelanggan dapat mengirim pulsa melalui kode akses SMS 168 dan setiap pengiriman akan dikenakan biaya sebesar Rp 99 / kirim dan sudah termasuk di dalam nominal yang terkirim.
Cara Melakukan Transfer Pulsa atau Bagi Pulsa XL

ketik: BAGI nomor XL yang dituju nominal kemudian kirim ke 168

Contoh: BAGI 0817xxxxx 1500 kemudian dikirim ke 168

Ketentuan Penggunaan Transfer Pulsa atau Bagi Pulsa XL

1. Pengirim harus mempunyai sisa saldo minimal Rp 10.000 setelah pulsa dikirim dan nomor pengirim berada dalam masa aktif
2. Jumlah pulsa yang dapat dikirim yaitu Rp 1.500 (masa aktif 1 hari) dan Rp 3.000 (masa aktif 3 hari)
3. Bagi pengguna voucher bebas Xtra hanya bisa sebagai pengirim Bagi Pulsa
4. Untuk pelanggan baru, layanan Bagi Pulsa baru dapat dilakukan 24 jam setelah melakukan isi ulang yang pertama
5. Tidak ada pengurangan pulsa setelah menerima kiriman Bagi Pulsa
6. Biaya kirim Rp 99/SMS dan otomatis akan mengurangi jumlah pulsa yang akan diterima oleh si penerima
7. Informasi lebih lanjut, hubungi Layanan XL Info 818 & XL Contact Center 817 (Rp 350/panggilan bagi pengguna XL Prabayar dan gratis bagi pengguna XL Pasca Bayar) atau 021-57959817 (dari nomor lain)

Transfer Pulsa Dari Flexi Trendy

Untuk menggunakan layanan ini maka pengguna (pengirim transfer) harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN yaitu caranya ketik REG kirim ke 858.
Untuk melakukan transfer pulsa via sms dikirim ke 858, caranya yaitu :
Ketik: TR<spasi> No.Flexi TujuanNominalPIN
Contohnya untuk mentransfer pulsa 20 ribu yaitu : TR 02170736024 20 1234
Jika transfer pulsa flexi ini berhasil maka pengirim dan penerima pulsa akan mendapatkan sms notifikasi dari system Telkom flexi.
Untuk berhenti menggunakan layanan ini maka ketik UNREGPIN dikirim ke 858. Untuk merubah pin-nya via sms ke 858 yaitu dengan PIN > [PIN_lama] [PIN_baru]
Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan transfer pulsa flexi ini, yaitu:
- Tarif REG Rp 80,-(termasuk PPN)
- Tarif transfer Rp 50,-/transaksi
- Tarif UNREG,ubah PIN Gratis
- Flexi TRANSFER hanya dapat dilakukan dari nomor Flexi Trendy.
- Flexi TRANSFER tidak bisa dilakukan dari nomor COMBO.
- Sisa minimal saldo pengirim setelah transfer + biaya transfer adalah Rp. 5.000,-
- Transfer tidak dapat diulang dalam jangka waktu kurang dari 1 jam.
- Nominal transfer : 5, 10, 20, 50, 100 (nominal dalam ribu rupiah)
- Pulsa transfer tidak bisa menambah masa aktif penerima.

Transfer Pulsa Mentari,IM3 ,Matrix Auto dari Indosat

pengguna kartu mentari, Im3 atau Matrix, saat ini Indosat meluncurkan program Transfer pulsa baru yang merupakan pengembangan dari layanan transfer pulsa sebelumnya karena selain jumlah pulsa yang bisa ditransfer yang semakin variatif juga bisa menambah masa aktif penerimanya.Dengan Layanan Transfer Pulsa maka kita bisa membantu teman, keluarga maupun kerabat yang mengalami kehabisan pulsa. Mulai 5 Maret 2009, kirim pulsa antar nomor Indosat sekarang semakin fleksibel dan yang pasti menguntungkan karena Transfer pulsa kini tersedia juga untuk Matrix Auto.
Cara Melakukan Transfer Pulsa
Ketik: Transferpulsanomor tujuannominal pulsa dikirim ke 151

Contoh:
Transferpulsa 08151234567 5000, kemudian kirim ke 151

Pulsa yang Anda kirim juga bisa menambah masa aktif penerima,berikut skemanya:

Nominal Pulsa => Pertambahan masa aktifnya
0-<2 rb => 0 hari ; 2rb- <5rb => 0 hari ; 5rb-<10 rb => 3 hari ; 10rb-<20rb => 7 hari
; 20rb-<25rb => 15 hari ; 25rb-<50rb => 15 hari ; 50rb-<100rb => 22 hari ;100rb-<150rb => 30 hari ; 150rb-≥200 rb => 45 hari

Ketentuan Transfer Pulsa Indosat (Mentari, IM3, dan Matrix Auto)
1. Pengirim maupun penerima harus berada dalam masa aktif (kecuali Matrix Auto).
2. Penambahan masa aktif si penerima tidak akan mengurangi masa aktif pengirim.
3. Masa aktif hasil transfer pulsa akan mengambil masa aktif terpanjang (tidak akumulatif) dengan maksimal 45 hari penambahan masa aktif dan penerima pulsa akan memperoleh tambahan masa tenggang selama 30 hari.
4. Pengirim memiliki pulsa minimal Rp 5.000 setelah melakukan transfer
5. Biaya transfer Rp 600, Jika pengirim berada di luar negeri maka akan dikenakan biaya tambahan pengiriman sesuai dengan biaya SMS di negara /operator yang berlaku.
6. Maksimum Pulsa per-transfer Rp 200.000,- dan minimum pulsa transfer bebas lebih dari Rp 0 (nol)
7. Jumlah transaksi perhari tidak dibatasi
8. Total nominal transfer maksimum perhari Rp 200.000 serta total nominal transfer maksimum perbulan tidak dibatasi
9. Jumlah pulsa yang terkirim akan dialokasikan pada main account penerima sehingga tidak akan hangus saat penerima melakukan perpindahan paket.
10. Berlaku untuk pelanggan Mentari, IM3 dan Matrix Auto.

cara TRANSFER PULSA ESIA (ESIA TRANSFER)

Esia sebagai salah satu operator CDMA di Indonesia juga memberikan layanan tambahan yang biasa disebut dengan istilah "transfer pulsa". Esia menyebut istilah transfer pulsa dengan istilah Esia Transfer. Esia transfer ini bisa digunakan untuk transfer dan jual Talktime yang anda punya kapan saja dan dimana saja. Begitu juga semua Talktime yang telah anda dapatkan dari Terima Telpon, Ajak Teman atau Jual Konten. Bisa jadi uang deh...untung kan ? Menurut pengakuan pihak esia di situs resminya bahwa esia yang memberikan layanan terbaru dan pertama di Indonesia dengan memberikan layanan transfer dan jual Masa Aktif. Jadi teman anda yang masih punya banyak Talktime tapi sudah hampir masuk ke masa tenggang, daripada Talktimenya hangus, bisa beli Masa Aktif dari anda. Bahkan anda bisa juga beli tambahan Masa Aktif untuk diri anda sendiri dengan menggunakan nomormu sendiri sebagai nomor Esia penerima.
Cara Untuk Kirim Talktime (Transfer Pulsa Esia)
Ketik:TRANSFERJumlah TalkTime yang mau dikirimNo.Esia penerima beserta kode areanya kirim ke 789 (tarif Rp250/SMS+PPn)
Contoh : TRANSFER 5000 02192889288
Cara Untuk Kirim Masa Aktif
Ketik:WAKTUJumlah Hari tambahan masa aktif yang mau dikirimNo.Esia penerima beserta kode areanya kirim ke 789 (Rp250/hari+PPn + Rp250/sms+PPn)
Contoh : WAKTU 5 02192889288

Ketentuan Untuk Pelanggan Pasca Bayar
  • Pelanggan Pasca Bayar bisa kirim Talktime (transfer pulsa) ke pelanggan Pra Bayar.
  • Jumlah maksimal yang bisa dikirim setiap bertransaksi adalah Rp 50.000, dengan kelipatan Rp 1000.
  • Jumlah maksimal yang bisa dikirim setiap bulannya adalah Rp 250.000

Ketentuan Untuk Pelanggan Pra Bayar
  • Pelanggan Pra Bayar bisa kirim Talktime dan Masa Aktif ke pelanggan Pra Bayar
  • Kamu adalah pelanggan esia yang sudah aktif lebih dari 40 hari
  • Kamu sudah pernah melakukan Isi Ulang setidaknya satu kali dengan nilai minimal Rp. 10.000
  • Setelah kamu melakukan transfer, perlu tersisa minimal Talktime sejumlah Rp 5000.

cara Transfer Pulsa Simpati - AS (TELKOMSEL)

Anda pengguna kartu dari operator seluler Telkomsel, Saya yakin diantara anda pasti pernah melakukan transfer pulsa Simpati atau AS (Telkomsel) ke teman atau kerabat keluarga anda. Melakukan transfer pulsa ini biasanya dilakukan untuk membantu teman atau kerabat yang lagi kehabisan pulsa. Selain itu anda bisa juga meminta teman anda untuk melakukan transfer pulsa ke nomer anda jika anda memang lagi membutuhkan pulsa atau lagi kehabisan. Lalu bagaimana cara melakukan transfer pulsa kartu Simpati atau AS serta aturan yang ditetapkan oleh operator telkomsel, seperti salah satu ketentuannya yaitu minimum sisa pulsa setelah melakukan transfer pulsa adalah Rp 10 ribu serta banyak lagi ketentuan lainnya. Baiklah saya akan menjelaskannya berdasarkan informasi yang saya peroleh dari pihak Telkomsel.
*858*nomor tujuan*nominal transfer# tekan OK atau Call
Contoh: untuk pengiriman nominal Rp 5 ribu : *858*081354944029*5# tekan tombol ok atau call
Atau
Dengan menghubungi *858# tekan OK atau Call, jawab 2, masukkan nomor tujuan, masukkan nilai transfer, dan jawab 1 untuk menyetujui. Setelah itu anda akan menerima notifikasi transaksi sudah berhasil.
Cara Minta Pulsa
*858*1*nomor_tujuan*nominal# tekan OK atau Call
Contoh: untuk meminta nominal Rp. 5 ribu : *858*1*081354944029*5# tekan tombol ok atau call (untuk menjawab, pengguna dapat menggunakan transfer pulsa)
Atau
Dengan menekan *858# , jawab 1, masukkan nomor donator, masukkan nilai permintaan, dan jawab 1 untuk menyetujui. Setelah itu anda akan menerima notifikasi transaksi sudah diproses
Ketentuan yang perlu diperhatikan dalam melakukan transfer pulsa :
1. Hanya berlaku untuk pelanggan simPATI dan Kartu As
2. Nilai pulsa yang dapat ditransfer berkisar antara 5ribu – 100ribu dengan kelipatan 1.000 (contoh : 5.000, 6.000, 7.000, 10.000 dan seterusnya)
3. Minimum sisa pulsa setelah transfer Rp 10.000
4. Maksimal transaksi 10 kali perhari (3 kali ke nomor yang sama) serta maksimal pulsa yang ditransfer Rp 100.000 per transfer dan maksimal total pulsa yang ditransfer Rp 200.000 per hari.
5. Biaya transfer pulsa sebesar Rp 600/transfer (berlaku mulai 08 September 2009) dan biaya meminta pulsa adalah Rp 100/permintaan
6. Status pengirim harus dalam masa aktif dan status penerima harus dalam masa aktif atau dalam masa isi ulang
7. Setiap transaksi transfer pulsa tidak merubah status masa aktif maupun masa isi ulang
8. Jika penerima dalam masa isi ulang, pulsa yang ditransfer baru dapat dipergunakan setelah penerima melakukan isi ulang untuk mengaktifkan kembali kartunya